Monday 25 July 2016

Operasi Pasar Terbuka (Open Market Operations)

Operasi pasar terbuka adalah alat kebijakan moneter terpenting, karena mereka adalah penentu utama perubahan dalam suku bunga dan basis moneter, sumber utama fluktuasi dalam uang beredar. Open market purchase memperluas reserve dan basis moneter, sehingga meningkatkan uang beredar dan menurunkan suku bunga jangka pendek. Open market sales akan mengecilkan reserve dan basis moneter, menurunkan uang beredar dan menaikkan suku bunga jangka pendek. Kini setelah kita paham dari Bab 15 tentang faktor-faktor yang mempengaruhi reserve dan basis moneter, kita bisa memeriksa bagaimana Federal Reserve melakukan operasi pasar terbuka dengan tujuan mengontrol suku bunga jangka pendek dan uang beredar.
    Terdapat dua tipe operasi pasar terbuka: operasi pasar terbuka dinamis dimaksudkan untuk mengubah level reserve dan basis moneter, dan operasi pasar terbuka defensif dimaksudkan untuk mengimbangi pergerakan dalam faktor-faktor lain yang mempengaruhi reserve dan basis moneter, seperti misalnya perubahan dalam deposit Treasury dengan Fed atau float. The Fed melakukan operasi pasar terbuka dalam hal sekuritas agensi pemerintahn dan US Treasury, khususnya US Treasury bills. The Fed melakukan kebanyakan operasi pasar terbukanya dalam sekuritas Treasury karena pasar untuk sekuritas ini adalah yang paling likuid dan memiliki volume trading yang terbesar. Sekuritas ini memiliki kapasitas untuk menyerap volume transaksi the Fed tanpa mengalami fluktuasi harga berlebih yang akan mengganggu pasar.
    Seperti yang kita lihat dalam Bab 14, otoritas pengambilan keputusan untuk operasi pasar terbuka adalah Federal Open Market Committee (FOMC), yang menentukan target untuk federal funds rate. Pelaksanaan aktual dari operasi ini dilakukan oleh trading desk di Federal Reserve Bank of New York. Cara terbaik untuk melihat bagaimana transaksi ini dilakukan adalah dengan melihat pada hari tertentu di trading desk, berlokasi di trading room yang baru dibangun di lantai sembilan dari Federal Reserve Bank of New York.

Satu Hari di Trading Desk
Manajer dari operasi pasar terbuka domestik mensupervisi analisa dan trader yang melakukan pembelian dan penjualan sekuritas dalam rangka mengenai target federal funds rate. Untuk mendapatkan pegangan terkait apa yang terjadi di dalam federal funds rate hari itu, hari kerjanya dan hari kerja staffnya dimulai dengan sebuah kajian pengembangan dalam federal funds rate di hari sebelumnya dan dengan sebuah update dalam jumlah reserve aktual di dalam sistem perbankan sehari sebelumnya. Menjelang siang, stafnya akan mengeluarkan laporan terupdate yang mengandung prediksi mendetil mengenai apa yang akan terjadi terhadap beberapa faktor-faktor jangka penek yang mempengaruhi penawaran dan permintaan reserve (dibahas dalam Bab 15). Sebagai contoh, jika float diprediksikan menurun karena cuaca bagus di seluruh negri mempercepat pengiriman cek, manajer operasi pasar domestik tahu bahwa dia akan harus melakukan operasi pasar terbuka defensif (dalam kasus ini, sebuah purchase/pembelian sekuritas) untuk mengimbangi expected decline dalam reserve dan basis moneter dari penurunan float. Meski demikian, jika deposit Treasury dengan the Fed diprediksikan mengalami penurunan, sebuah defensive open market sale akan diperlukan untuk mengimbangi expected increase dalam reserve. Laporan juga memprediksikan perubahan dalam public’s holding of currency. Jika currency holding diharapkan naik, maka, seperti yang telah kita lihat dalam Bab 15, dan 16, reserve akan menurun, dan sebuah open market purchase akan diperlukan untuk menaikkan reserve lagi.
    Informasi ini akan membantu manajer operasi pasar terbuka domestik dan stafnya untuk memutuskan seberapa besar sebuah perubahan dalam reserve yang diperlukan untuk mendapatkan target federal funds rate. Jika jumlah reserve dalam sistem perbankan terlalu besar, kebanyakan bank akan memiliki excess reserve untuk dipinjam sehingga bank lain mungkin memiliki sedikit keinginan untuk mempertahankannya dan federal funds rate akan menurun. Jika level reserve terlalu rendah, bank akan mencari untuk meminjam reserve dari sejumlah kecil bank yang memiliki excess reserve untuk dipinjamkan dan dapat mendorong federal funds rate lebih tinggi dibandingkan level yang diinginkan. Selain itu, selama pagi itu, staf juga akan memonitor perilaku federal funds rate dan menghubungi beberapa partisipan umum di dalam pasar dana (funds market), yang dapat memberikan informasi independen mengenai apakah sebuah perubahan dalam reserve diperlukan untuk mencapai level federal funds rate yang diinginkan. Di awal pagi, member staf manajer akan menghubungi beberapa representatif apa yang disebut primary dealers, dealer sekuritas pemerintah (yang beroperasi diluar perusahaan privat atau bank komersil) yang berdagang dengan open market desk. Mereka juga akan menghubungi Treasury untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai expected level dari Treasury balance di the Fed untuk bisa memperbaiki estimasi mereka mengenai supply reserve.
    Setelahnya, member dari Monetary Affairs Division di Board of Governors dihubungi, dan prediksi the Fed New York mengenai penawaran dan permintaan reserve dibandingkan dengan hasil yang dimiliki oleh the Board. Dalam basis proyeksi dan perilaku teramati terhadap pasar federal funds, desk akan merumuskan dan mengusulkan sebuah jalur tindakan untuk diambil hari itu, yang dapat melibatkan rencana untuk menambahkan reserve atau mengurangi reserve dari sistem perbankan melalui operasi pasar terbuka. Jika sebuah operasi direnungkan, tipe, ukuran dan maturitas akan dibahas.
    Seluruh proses saat ini diselesaikan di pertengahan pagi, dimana sebuah panggilan konferensi harian diatur menghubungkan desk dengan Office of the Director of Monetary Affairs di the Board dan dengan salah datu dari empat voting presiden Reserve Bank diluar New York. Selama panggilan ini dilangsungkan, seorang member dari unit operasi pasar terbuka ini akan menguraikan strategi manajemen reserve yang diusulkan the desk untuk hari itu. Setelah rencana ini disetujui, desk diperintahkan untuk melaksanakan operasi pasar terbuka temporer apapun yang direncanakan untuk hari itu. (Outright operations, dengan kata lain, dapat dilakukan di waktu yang lain).
    Desk terhubung secara elektronik dengan counter-parties trading pasar terbuka domestik dengan sebuah sistem komputer yang disebut TRAPS (Trading Room Automated Processing System), dan semua operasi pasar terbuka kini dilakukan melalui sistem ini. Sebuah pesan akan ditransmisikan secara elektronik ke semua primary dealers di seluruh TRAPS yang mengindikasikan tipe dan maturitas operasi yang diatur. Para dealers ini diberikan beberapa menit untuk memberikan respon melalui TRAPS dengan usulan mereka untuk membeli atau menjual sekuritas pemerintah. Usulan/proposisi ini kemudian akan dirangkai dan ditampilkan dalam sebuah layar komputer untuk evaluasi. The desk akan memilih semua proposisi, dimulai dengan yang memiliki harga atraktif, hingga titik dimana jumlah yang diinginkan dibeli atau dijual, dan kemudian mereka akan memberitahukan tiap dealer melalui TRAPS mana diantara proposisi mereka yang telah dipilih oleh the desk. Seluruh proses seleksi ini biasanya diselesaikan hanya dalam waktu menit.
    Transaksi temporer ini memiliki dua tipe dasar. Dalam sebuah repurchase agreeement (seringkali disebut repo), the Fed membeli sekuritas dengan sebuah agreement bahwa seller akan membeli kembali (repurchase) dalam kurun waktu pendek, yang manapun antara 1 hingga 15 hari sejak tanggal awal pembelian. Karena pengaruh sebuah repo terhadap reserve ini berbanding terbalik pada hari agreement ini mature, sebuah repo biasanya merupakan sebuah temporary open market purchase dan khususnya merupakan sebuah cara yang diinginkan untuk melakukan sebuah defensive open market purchase yang akan kembali berbalik dalam jangka waktu pendek. Ketika the Fed ingin melakukan sebuah temporary open market sale, mereka akan terlibat dalam sebuah matched sale-purchase transaction (kadang disebut juga reverse repo) dimana the Fed menjual sekuritas dan buyer setuju untuk menjual kembali (resell) kepada the Fed dalam jangka waktu dekat.
    Kadang kala, the desk dapat melihat kebutuhan untuk menanggapi sebuah shortage atau surplus reserve yang persisten dan berkeinginan untuk mengatur sebuah operasi yang akan memiliki dampak permanen terhadap supply reserve. Outright transaction, yang melibatkan sebuah pembelian atau penjualan sekuritas yang tidak self-reversing, juga dilakukan melalui TRAPS. Operasi-operasi ini secara tradisional dilakukan di waktu ketika operasi temporer tidak dilakukan.
Kelebihan dari Operasi Pasar Terbuka
Operasi pasar terbuka memiliki beberapa kelebihan dibandingkan alat kebijakan moneter lainnya.
1.    Operasi pasar terbuka terjadi atas inisiatif the Fed, yang memiliki kontrol komplit atas volumenya. Kontrol ini tidak ditemukan, misalnya, di dalam operasi discount, dimana the Fed dapat mendorong (encourage) atau mengecilkan (discourage) bank untuk mengambil discount loan dengan mengubah discount rate tapi tidak bisa secara langsung mengontrol volume discount loans.
2.    Operasi pasar terbuka termasuk fleksibel dan precise; mereka dapat digunakan hingga tingkatan manapun. Tidak masalah seberapapun kecilnya sebuah perubahan dalam reserve atau basis moneter yang diinginkan, operasi pasar terbuka dapat mencapainya dengan sebuah pembelian atau penjualan sekuritas yang kecil. Sebaliknya, jika perubahan yang diinginakn dalam reserve atau basis moneter ini sangat besar, alat operasi pasar terbuka ini cukup kuat untuk melakukan pekerjaan ini melalui sebuah pembelian atau penjualan sekuritas yang sangat besar.
3.    Operasi pasar terbuka mudah dibalikkan. Jika sebuah kesalahan dibuat dalam melakukan sebuah operasi pasar terbuka, the Fed dapat dengan segera membalikkan prosesnya. Jika the Fed memutuskan bahwa federal funds rate terlalu rendah karena mereka telah membuat terlalu banyak pembelian dalam pasar terbuka, maka the Fed dapat dengan segera mengoreksinya dengan melakukan penjualan dalam pasar terbuka.
4.    Operasi pasar terbuka (open market operations) dapat diimplementasikan dengan cepat; mereka tidak melibatkan penundaan administrasi. Ketika the Fed memutuskan bahwa mereka ingin mengubah basis moneter atau reservenya, mereka hanya harus menempatkan order dengan para dealer sekuritas, dan perdagangan/trade dapat dilaksanakan dengan segera.

No comments:

Post a Comment